Banner Maintenance Blog

Banner Wedding Organizer V-lo

Banner Undangan Wedding

Anak Juga Perlu Refreshing, Lho!

detail berita
(Foto: Corbis)
PERNAHKAH Moms mendapati si kecil tampak jenuh, malas-malasan pergi ke sekolah, atau tidak semangat melakukan kegiatan sehari-harinya? Bila ya, jangan memaksanya untuk tetap melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi rutinitasnya, ya Moms.

Karena tak hanya orang dewasa, anak pun butuh rehat sejenak dari rutinitasnya. Apalagi bila si kecil punya kesibukan lain yang harus diikuti selain sekolah. Seperti kursus atau les ini-itu.

Kalau begitu, apakah artinya si kecil juga butuh ‘penyegaran’?



Bisa Stres Juga Lho...

Perlu Moms ketahui, stres bukan hanya milik orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengalaminya. Stres dengan kegiatan di sekolah, misalnya. Idealnya pada usia preschool, sekolah lebih menekankan pada perkembangan dan terbentuknya keterampilan sosial dan emosi yang baik.

Namun tidak dapat dipungkiri ada beberapa sekolah yang terlalu menekankan pada keterampilan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung pada usia preschool. Akibatnya anak kurang mendapat tempat yang tepat untuk perkembangan emosi dan mengembangkan keterampilan sosial. Akibatnya, anak merasa tertekan dan berujung pada stres.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres adalah memberi waktu refreshing bagi si kecil untuk beralih sejenak dari aktivitasnya. Dewi menyarankan agar si kecil dibiarkan bermain sebentar, bersepeda bersama teman sebayanya atau menonton TV di sore hari sebelum ia mulai belajar dan mengerjakan PR. Dampingi pula saat anak menyelesaikan tugasnya dan bantu agar dapat mengikuti kegiatan di sekolah. Besarkan hatinya saat dia mengalami kesulitan.

Bila memungkinkan, luangkan waktu sebelum si kecil tidur dengan mengajaknya membaca cerita, atau melakukan permainan ringan sebelum tidur, seperti perang jempol atau main tebak-tebakan.

“Kegiatan ini akan membantu si kecil untuk mengurangi beban yang dia rasakan. Anak pun akan merasa bahwa ia dicintai dalam kondisi apapun,” ujar Dewi Trihandayani, M.Psi, Staf Pengajar Fakultas Psikologi Uhamka, Jakarta.



Tanda si Kecil Butuh Refreshing


Mengingat usianya masih sangat belia, biasanya si preschooler akan sulit mengungkapkan ketika sedang bosan atau jenuh dengan rutinitasnya.

Kondisi di bawah ini dapat terjadi dalam keseharian si kecil, namun bila salah satu hal tersebut muncul lebih sering dan berbeda dari biasanya, Moms patut waspada. Bisa jadi dia memang perlu refreshing.


Tanda-tanda yang biasa muncul saat si kecil merasa tidak nyaman antara lain:
- Menjadi sangat manja.
- Mengalami perubahan pada pola makannya.
- Menjadi lebih pendiam.
- Lebih sering marah/menangis.
- Pola tidurnya terganggu.
- Menjadi penakut.

Bergantung Kondisi


Seberapa sering dan berapa lama waktu refreshing yang diperlukan sangat bergantung pada kondisi si kecil dan kedua orangtua. Jika orangtua memiliki cukup tenaga, waktu dan biaya, maka refreshing dapat dilakukan dalam jangka waktu yang panjang (lebih dari setengah hari) dan lebih sering.

Moms dapat menyesuaikan kegiatan refreshing dengan kemampuan, seperti berjalan-jalan atau bersepeda keliling kompleks yang tidak banyak biaya dapat dijadwalkan seminggu sekali. Sedangkan kegiatan refreshing yang sedikit memerlukan biaya seperti makan di resto atau ke mal boleh saja dijadwalkan sebulan sekali. Serta bepergian yang memerlukan biaya lebih banyak seperti wisata keluar kota atau keluar negeri dapat dijadwalkan setahun sekali.

Saat memutuskan untuk refreshing yang memerlukan waktu seharian, pertimbangkan juga kondisi si kecil. Kenyamanan dan kelelahan si kecil perlu dipertimbangkan dengan matang. Usahakan untuk tidak mengganggu jadwal harian si kecil, seperti makan dan tidurnya. Atur kegiatan yang dapat dilakukan dengan si kecil sepanjang hari tersebut, agar dia tidak bosan.

Sebisa mungkin jangan tinggalkan si kecil menghabiskan waktu sendirian bermain atau menonton TV tanpa keberadaan Moms atau anggota keluarga lainnya. Tidak asyik kan bila ternyata waktu yang direncanakan untuk refreshing jadi berantakan lantaran si kecil meniru melakukan sesuatu yang berbahaya hanya karena dia lelah atau bosan. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)
(ftr)

Tags:

0 komentar to "Anak Juga Perlu Refreshing, Lho!"

Leave a comment