Banner Maintenance Blog

Banner Wedding Organizer V-lo

Banner Undangan Wedding

Bentuk Refreshing untuk si Kecil


detail berita
(Foto: Corbis)
REFRESHING adalah salah satu cara untuk menyegarkan atau membangkitkan semangat sehingga dapat mengembalikan rasa nyaman. Tapi refreshing tidak harus keluar rumah, lho. Bisa juga dilakukan di dalam rumah.

Menurut Dewi Trihandayani, M. Psi selaku Staf Pengajar Fakultas Psikologi
Uhamka Jakarta, banyak kegiatan refreshing yang dapat dilakukan Moms dengan si kecil, beberapa diantaranya adalah:

-Meluangkan waktu dengan si kecil.

Kegiatan mengobrol dan bermain bersama Moms akan menjadi suatu kesempatan bagi si kecil untuk melepaskan emosinya. Saat seperti inilah dia merasa bebas menceritakan hal-hal yang membuatnya jengkel ataupun hal yang menyenangkan.

-Melakukan pekerjaan sehari-hari di rumah.
Melakukan pekerjaan rumah seperti merapikan tempat tidur, memasak dan menjemur pakaian merupakan kegiatan yang dapat dipertimbangkan. Si kecil akan merasa senang melakukannya karena dia merasa dilibatkan, dihargai dan dianggap mampu mengerjakan. Di tengah melakukan pekerjaan misalnya ketika sedang menjemur kaus kaki, jadikan seolah-olah boneka tangan dan menanyakan apa yang membuat ia sangat senang/sedih/marah? Di sini selain membantu si kecil mengenali emosinya, Moms juga mengajarkan agar ia mandiri dan merasa mampu melakukan suatu pekerjaan.

-Membacakan cerita.
Jadikan dongeng atau cerita hal yang menarik bagi si kecil. Ini juga dapat digunakan sebagai media yang baik untuk membantu si kecil mengatasi masalahnya. Apa yang terjadi dan dilakukan oleh tokoh utama dapat menjadi contoh, saran, atau nasehat bagi si kecil untuk mengatasi perasaan dan kondisi tidak menyenangkan yang ia rasakan.

-Berjalan-jalan.
  1. Kegiatan di luar rumah seperti : keliling kompleks, mal, tempat baru seperti hutan atau pantai dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi si kecil di sela-sela rutinitasnya. Suasana yang berbeda akan membuat si kecil menjadi lebih bersemangat.
  2. Kegiatan di luar rumah juga dapat membantu si kecil untuk belajar banyak hal dan mengenal banyak hal baru. Misalnya saat di mal, kenalkan dengan jenis makanan yang sehat, nilai uang, membuat pilihan dan keamanan diri, seperti tidak boleh berlarian dan terpisah dari orangtua.
  3. Kegiatan di luar rumah ini juga merupakan media yang baik untuk belajar mengevaluasi perasaan diri dan berempati. Saat berjalan-jalan di pantai misalnya, Moms dapat bertanya kepada si kecil apa yang dia sukai. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)
(ftr)

Tags:

0 komentar to "Bentuk Refreshing untuk si Kecil"

Leave a comment