Banner Maintenance Blog

Banner Wedding Organizer V-lo

Banner Undangan Wedding

» Kulit Gelap Dapat Muncul di...

detail berita
(Foto: Corbis)
BAGIAN kulit yang lebih gelap dari bagian kulit lainnya memang cukup mengganggu penampilan. Seperti kulit lengan yang putih mulus tapi bagian sikunya gelap, atau kaki yang indah tapi bagian lututnya tampak hitam.

Berikut ini panduan kulit yang umumnya lebih gelap dari bagian kulit lain, menurut dr. Abraham Arimuko, SpKK, MARS, dari Departemen Kulit dan Kelamin, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Lipatan Siku dan Lutut

Daerah lipatan siku dan lutut berwarna lebih gelap dan bersisik karena sering terjadi benturan atau tekanan berlebih. Misal pada bagian siku yang sering digunakan untuk menopang dagu. Warna kehitaman tersebut lantaran menumpuknya kulit mati. Kulit di area ini cenderung kasar dan tebal.

Di samping itu, penyebab lainnya adalah kelainan kulit yang dibawa sejak lahir seperti dermatitis atopik. Biasanya terjadi pada orang yang kulitnya sangat sensitif. Jika ada ruam di lipatan siku atau lutut, maka akan menimbulkan gatal berkepanjangan dan lama-lama akan menghitam.


Bawah Ketiak 
Menghitamnya kulit ketiak biasanya lebih disebabkan karena tidak tahan penggunaan deodorant. Reaksi yang terjadi adalah kulit terasa gatal, ruam, dan kemerah-merahan. Lambat laun kulit di area tersebut akan menghitam atau berwarna lebih gelap (hiperpigmentasi).


Bawah Leher
Warna kehitaman pada daerah bawah leher dapat disebabkan oleh Acantosis ruam di lipatan siku atau lutut, maka akan menimbulkan gatal berkepanjangan dan lama-lama akan menghitam.


Bawah Ketiak 
Menghitamnya kulit ketiak biasanya lebih disebabkan karena tidak tahan penggunaan deodorant. Reaksi yang terjadi adalah kulit terasa gatal, ruam, dan kemerah-merahan. Lambat laun kulit di area tersebut akan menghitam atau berwarna lebih gelap (hiperpigmentasi).


Bawah Leher
Warna kehitaman pada daerah bawah leher dapat disebabkan oleh Acantosis Nigricans, semacam kelainan pigmentasi pada bagian leher. Hal itu terjadi jika memang berasal dari eksim. Tapi jika timbulnya spontan (kelainan pigmen yang tidak diketahui), dimana tiba-tiba muncul warna hitam dan tidak gatal, biasanya tidak berbahaya. Hanya saja secara estetik tampak kurang bagus.

Tapi Moms patut waspada, jika kelainan tersebut disebabkan oleh penyakit metabolik seperti diabetes dan ginjal. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih rinci, apakah gatal atau tidak, muncul mendadak atau tidak, punya riwayat diabetes atau ginjal. Jika ditemukan kecurigaan, sebaiknya periksa laboratorium. Biasanya pasien akan dikirim ke dokter spesialis penyakit dalam.


Lipatan Paha (Selangkangan)
Pada daerah selangkangan biasanya terjadi karena gesekan-gesekan celana dalam. Atau bisa juga disebabkan penyakit kulit sejenis jamur atau eksim yang biasanya disertai rasa gatal.


Bawah Tumit
Penyebabnya karena gesekan atau tekanan berlebih yang disebut kalus (seperti kapalan). Hal ini disebut juga hiperpigmentasi pascainflamasi (alergi masih aktif) yang ditandai dengan ruam, kemerahan, dan gatal. Jika digaruk akan meninggalkan bekas kehitaman.


Bokong
Pada daerah bokong memang banyak terjadi iritasi. Misalnya saja ketika duduk atau memakai celana. Lantaran sering mengalami gesekan sehingga kulit menjadi lebih tebal dan menghitam. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)
(ftr)

Tags:

0 komentar to "» Kulit Gelap Dapat Muncul di..."

Leave a comment